Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

BU SRI MEMANTAPKAN PROGRAM STORY TELLING ENGGLISH CAMP

Gedung SMP N 1 Gubug Kabupaten Grobogan
Foto Doc Bagus Murgan
Kegiatan English Camp kembali dilaksanakan di kampus SMP N 1 Gubug, yang berlangsung selama satu minggu, diikuti oleh siswa kelas VII dan VIII. Kegiatan ini dilaksanakan bekerjasama dengan Kampung Inggris Mlatiharjo, Demak. Kegiatan serupa biasanya dilaksanakan di Kampung Inggris Pare, Kediri. Namun, karena liburan kali ini bertepatan dengan bulan puasa, kegiatan cukup dilaksanakan di sekolah dengan materi yang sama.

Menurut English Thesaurus Dictionary, istilah "Camp" mempunyai makna "an exclusive circle of people who live together temporarily with a common purpose" ... yang berarti sekumpulan orang-orang tertentu yang untuk sementara tinggal bersama-sama untuk mencapai tujuan bersama. Jadi, pengertian English Camp yang baru saja dilaksanakan adalah sekumpulan siswa yang untuk sementara tinggal dan berkegiatan bersama-sama dengan memakai bahasa Inggris sebagai media berkomunikasi untuk mencapai tingkat keterampilan berbahasa Inggris sebagai tujuan bersama.
Kepala SMP N 1 Gubug, H. Wahono, M.Pd. menuturkan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu program pembelajaran bahasa Inggris yang dilengkapi dengan materi team building dan pengembangan karakter, yang diterapkan melalui permainan-permainan, diskusi, dan evaluasi. Pada acara ini seluruh peserta dan pendamping wajib menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar sehari-hari sebagai upaya untuk meningkatkan ketrampilan berbahasa Inggris. Melalui program ini pula, siswa diharapkan dapat meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris sekaligus menumbuhkan kerja sama dan kekompakan. Karena itulah, di akhir program ini, seluruh siswa diajak untuk menampilkan kemampuannya dalam bahasa Inggris pada acara pentas seni.
Oleh para pendamping yang terdiri dari 6 staf pengajar, keterampilan berbahasa Inggris siswa diasah melalui kegiatan individu maupun kelompok. Sesuai dengan tujuan, pembelajaran kali ini para peserta dihadapkan dengan game dan permainan yang berbasis pada experiential learning. Mereka harus memecahkan masalah baik secara individu maupun berkelompok. Metode ini sangat menarik karena sarat dengan pembelajaran tentang leadership, kebersamaan, character building, team working, dll.
Secara umum kegiatan English Camp ini berlangsung dengan sukses dan penuh dengan pembelajaran. Memadukan pembelajaran bahasa inggris dengan kegiatan games mendapat sambutan yang positip dari para siswa. Tidak heran, anak-anak asuhan Bu Sri Suharni, guru bahasa Inggris yang penuh semangat ini berhasil menelorkan para juara story telling di tingkat kabupaten.

Harapan, apa yang telah didapatkan dari kegiatan English Camp ini dapat diterapkan dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, baik saat sekarang maupun kelak dikemudian hari. Imbuh Wahono “ siswa – siswi SMP N 1 Gubug yang lulus tahun ajaran 2014 – 2015 ini diterima di SMA Favorit antara lain SMA Negeri 3 Semarang sebanyak 26 siswa, di SMA Negeri 1 dan SMA negeri 3 Salatiga 15 siswa. (Bagus Murgan)
Copy and WIN : http://bit.ly/copy_win Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...